Liga Premier · Manchester United

Wayne Rooney, Cara Indah Pecahkan Rekor Gol Manchester United

Wayne Rooney memecah rekor gol Sir Bobby Charlton dengan cara indah. Pemilik nomor punggung 10 di Manchester United itu pun kini resmi menjadi pencetak gol terbanyak klub dengan 250 gol.

Sulit untuk mengira Rooney mampu mencatatkan nama di buka sejarah Manchester United pada Sabtu (21/1/2017). Pada awalnya, Rooney hanya duduk di bangku cadangan saat Manchester United menyambangi markas Stoke City.

The Red Devils terhenyak saat Juan Mata justru menciptakan gol bunuh diri pada menit ke-19. Setelah itu, serangan Manchester United mengalir deras ke pertahanan Stoke City.

Kadang, kesalahan umpan, penyelesaian akhir yang buruk, atau koordinasi lini depan berantakan menjadi menu santapan para pendukung Setan Merah hampir selama 90 menit. Saat waktu menunjukkan menit ke-67, sang pencetak gol bunuh diri, Mata, harus keluar lapangan.

Rooney masuk dengan harapan membawa perubahan seperti ketika menjadi kreator awal gol timnya saat berjumpa Liverpool, akhir pekan lalu. Menggantikan Mata, Rooney sejatinya beroperasi sebagai penyerang lubang, tepat di belakang Zlatan Ibrahimovic.

Usia 31 tahun yang sudah menempel pada tubuhnya seakan tak terlihat nyata. Rooney aktif bergerak ke seluruh area lawan, bahkan ikut membantu pertahanan bila menerima serangan balik.

Rooney mendapatkan kesempatan pertama dari sebuah umpan Marcus Rashford. Catatan satu golnya di Premier League pada musim ini, membuat Rooney sedikit kehilangan taji. Sundulan Rooney di depan gawang justru melayang di atas mistar Stoke City.

Aroma kekalahan pertama Manchester United sejak November 2016 pun menyeruak. Hingga memasuki menit ke-3 masa injury time, pasukan Jose Mourinho gagal mencetak gol penyeimbang. Hingga akhirnya, Rooney menjadi juru selamat tim.

Sebuah tendangan bebas dari sisi kiri serangan, selayaknya berujung umpan tajam ke depan kotak penalti. Alih-alih melihat hal tersebut, Rooney justru melepaskan tembakan langsung yang ternyata bersarang telak di pojok gawang Lee Grant.

Gol! Sulit menafsirkan ekspresi wajah Rooney ketika itu. Tak ada reaksi berlebihan, justru Rooney meminta rekan-rekannya mengambil bola dari jala demi memanfaatkan sisa waktu pertandingan.

Upaya Rooney membawa Manchester United mendapat keajaiban gol kedua gagal terwujud. Skor tetap 1-1 di Britannia Stadium.

rooney2

Apa yang dirasakan Rooney terlontar seusai pertandingan. Sang kapten tahu bagaimana membedakan antara kesenangan pribadi atau kebutuhan tim.

“Ini sebuah kehormatan besar. Saya sangat bangga. Sulit untuk meluapkan kesenangan berlebihan karena hasil yang didapat. Namun, ini juga menjadi kehormatan besar. Saya tak pernah mengira bisa mencatat rekor ini saat kali pertama bergabung. Saya berharap bisa terus menambah gol untuk tim ini,” kata Rooney.

Ya, 250 gol Rooney menjadi yang terbanyak bagi seorang pemain Manchester United. Sir Bobby Charlton membutuhkan 758 laga untuk melesakkan 249 gol. Sementara itu, Rooney hanya perlu 546 laga demi melewati rekor sang legenda.

“Pemain yang pernah membela klub ini adalah para pesepak bola dunia. Saya bangga bermain untuk Manchester United. Sebuah kebanggaan bisa menjadi pencetak gol terbanyak Manchester United,” ujar Rooney.

Kegembiraan besar di balik kontribusi Rooney yang mulai meredup. Rooney tetap dianggap pemain penting, meski Mourinho kini lebih sering mencadangkannya.

Bukan alasan Mourinho memilih menaruh Rooney di bangku cadangan. Pada awal musim, Rooney mendapat kritik pedas lantaran dinilai sudah tidak layak menghuni skuat inti Setan Merah.

Ketajamannya mulai hilang seiring kepergian Sir Alex Ferguson pada akhir musim 2012-2013. Sementara itu, menilik catatan musim lalu, Rooney hanya mampu mencetak 15 gol yang delapan di antaranya tercipta di Premier League.

Pada sisa-sisa kehebatannya, Rooney bersikap profesional. Tak pernah ada kabar bahwa Rooney tak kerasan karena lebih sering menjadi cadangan. Penantian itu berakhir saat Rooney menorehkan tinta emas sebagai pencetak gol terbanyak Manchester United.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s